Langsung ke konten utama

Sistem Digital



Kegunaan Penyiaran TV Digital :
• TV digital digunakan untuk siaran interaktif.
• Aplikasi teknologi siaran digital menawarkan integrasi dengan layanan interaktif, layanan komunikasi dua arah seperti internet.
• Penyiaran TV digital terrestrial bisa diterima oleh sistem penerimaan TV tidak bergerak dan penerimaan TV bergerak (mobile TV/HP). Kebutuhan daya pancar TV digital juga lebih kecil.
• TV Digital digunakan untuk siaran interaktif. Masyarakat dapat membandingkan keunggulan kualitas siaran digital dengan siaran analog serta dapat berinteraksi dengan TV Digital.
• Teknologi siaran digital menawarkan integrasi dengan layanan interaktif dimana TV Digital memiliki layanan komunikasi dua arah layaknya internet.
• Siaran televisi digital terestrial dapat diterima oleh sistem penerimaan televisi tidak bergerak maupun sistem penerimaan televisi bergerak. Kebutuhan daya pancar televisi digital yang lebih kecil menyebabkan siaran dapat diterima dengan baik meski alat penerima siaran bergerak dalam kecepatan tinggi seperti di dalam mobil dan kereta.
• TV Digital memungkinkan penyiaran saluran dan layanan yang lebih banyak daripada televisi analog. Penyelenggara siaran dapat menyiarkan program mereka secara digital dan memberi kesempatan terhadap peluang bisnis pertelevisian dengan konten yang lebih kreatif, menarik, dan bervariasi.
• Penggunaan kanal yang lebih efisien. Bentuk penyelenggaraan sistem penyiaran di era digital mengalami perubahan baik dari pemanfaatan kanal maupun teknologi jasa pelayanannya. Satu kanal frekuensi yang saat ini hanya bisa diisi satu program saja nantinya bisa diisi antara empat sampai enam program sekaligus di sistem digital.
• Peningkatan kualitas gambar. TV digital memungkinkan pengiriman gambar dengan akurasi dan resolusi yang tinggi.
Sistem TV digital mampu menghasilkan penerimaan gambar yang jernih, stabil dan tanpa efek bayangan atau gambar ganda, walaupun pesawat penerima dalam keadaan bergerak dengan kecepatan tinggi.
Sistem TV digital tidak mengenal gambar tidak jelas, gambar ganda (ghost) dan kualitas gambar buruk lainnya, karena pada teknik digital hanya dikenal gambar bagus atau tidak ada gambar sama sekali, karena pada teknik digital hanya dikenal YES or NO.

Kegunaan Kamera Digital :
Alat untuk membuat gambar dari obyek untuk selanjutnya dibiaskan melalui lensa kepada sensor CCD (ada juga yang menggunakan sensr CMOS) yang hasilnya kemudian direkam dalam format digital ke dalam media simpan digital.

Kegunaan Finger Spot :
1 Memudahkan pengawasan (security) karena dilakukan oleh mesin dan mengurangi pembobolan atau titip absen.
2 Perusahaan tidak akan lagi mengeluarkan biaya untuk pembuatan kartu absensi
3 Kinerja karyawan (disiplin) dapat dipantau secara detail
4 Efisiensi kerja karyawan meningkat karena beberapa proses rutin seperti pembuatan laporan atau perhitungan-perhitungan dilakukan secara otomatis dan cepat
5 Perhitungan jam lembur/over time dilakukan secara otomatis
6 Mengurangi human error dalam penanganan proses perhitungan
7 Prosedur administrasi yang sederhana, mudah, cepat, tepat dan akurat
8 Data hasil scanning didokumentasi secara detail dan lengkap serta dapat digunakan untuk pengembangan ke sistem informasi yang lebih besar dan lintas departemen.


1. Alarm Anti Maling
Cara kerja alarm anti maling ini sangat simpel, yaitu apabila pintu atau jendela dibuka, maka alarm akan berbunyi.
Karena sensor yang dipasang di bingkai pintu / jendela akan terpisah dengan alarm yang dipasang di daun pintu / jendela.
Alarm bisa juga dipasang di pintu geser seperti pintu rumah di Jepang.

CARA PASANG ALARM
Tempelkan alarm anti maling di daun pintu / jendela dengan menggunakan super double tape yang sudah ada.
Tempelkan sensor alarm di bingkai pintu / jendela dengan menggunakan super double tape yang sudah ada, dengan posisi sejajar terhadap alarm.
Lakukan percobaan fungsi alarm dengan cara menghidupkan switch alarm ke posisi “ON”, kemudian pintu / jendela dibuka.
Apabila alarm berbunyi berarti sudah benar pemasangannya
Alarm murah bikin pencuri panik karena suara alarm keras. Alarm anti maling tinggal ditempel di pintu atau jendela pakai doubletip. Menggunakan baterai.

2.  Alat Timer Listrik  

Cara kerjanya tinggal diset waktu matinya, maka aliran listrik di stop kontak tadi akan mati sendirinya sesuai waktu yang ditentukan. Sebenarnya ada juga versi yang manual, yang berupa puteran kayak di kipas angin. Tapi lebih enak yang digital ini karena listrik bisa dinyalakan maupun dimatikan tepat waktu.
Timer listrik ini bisa juga dipasang misalnya untuk lampu halaman. Bisa diset kalau jam 6 sore lampu menyala dan jam 5 pagi otomatis mati.
Itulah sekilas pengalaman mencoba timer listrik. Alat seperti ini sepertinya sudah lama ada. Tapi baru mencoba sekarang karena baru sekarang membutuhkan 

3. Alat Pencuci dan Pengering Tangan Otomatis

Hand Wash Full Automatic atau Alat pencuci dan pengering tangan full automatic “DUMEDPOWER” adalah alat pencuci tangan yang higienis. Alat ini sangat ideal untuk diaplikasikan secara langsung di tangan atau sarung tangan karena kebersihan pasti terjaga.
Karena kebutuhan akan alat pencuci tangan yang benar-benar higienis dumedpower membuat khusus alat pencuci tangan yang terjamin higienis. Pengguna tidak perlu menyentuh alat handwash tersebut seperti pada alat pencuci tangan lainnya, karena semua telah dibuat secara otomatis mulai dari pemakaian air, sabun dan pengering tangan.
Secara sederhana cara kerja handwash ini adalah ketika tangan di ruang cuci dan sensor mendeteksi maka air akan mengalir. Kemudian setelah itu ketika tangan bergeser kekanan ruang cuci dan mengenai sensor, maka sabun akan keluar secara otomatis. Lalu ketika tangan bergeser kekiri ruang cuci dan mengenai sensor, maka pengering dengan HEPA filter udara bersih akan keluar dari nosel.

4. Alat Pendeteksi Kebakaran

Perkembangan zaman ditandai dengan berkembangnya industri disemua bidang. Perkembangan tersebut membawa dampak, baik dampak positif maupun dampak negatif. Selain dampak positif seperti kemajuan diberbagai bidang, penggunaan waktu yang efektif dan efisien, peralatan yang modern, juga terdapat dampak negatif yang sering diabaikan oleh kebanyakan orang yaitu tentang keselamatan kerja. Masalah keselamatan kerja memang sangat penting untuk meningkatkan produktifitas tenaga kerja.

Banyak insiden-insiden yang menyangkut keselamatan kerja, salah satunya adalah kebakaran. Kebakaran merupakan suatu insiden akibat dari api yang bekerja tidak pada tempatnya, yang terjadi antara api, bahan bakar, dan oksigen. Reaksi kimia tersebut mengeluarkan panas yang merupakan ancaman bagi kehidupan manusia. Ancaman tersebut meliputi :

1. Habitat atau lingkungan hidup manusia.
2. Lingkungan hidup flora dan fauna.
3. Kebakaran tersebut merupakan kejadian yang dapat disebabkan oleh beberapa faktor, antara lain :

1. Faktor manusia seperti karena kelalaian, kurang disiplin, dan bentuk kejahatan.
2. Faktor teknologi seperti akibat kurang dilaksanakan pedoman, standar pemakaian produk teknologi dan biasanya karena sifat individual manusia.
3. Faktor alam seperti akibat sampingan dari bencana alam, seperti gempa, erupsi vulkanik gunung berapi, loncatan listrik alam, dan pemampatan udara panas.


Terjadinya masalah kebakaran yang menelan korban jiwa, harta benda serta hilangnya tempat berusaha atau pekerjaan merupakan kejadian yang merugikan. Didalam usaha memperkecil jumlah korban maka unsur-unsur instalasi yang terkait didalam pencegahan kebakaran harus mampu menggerakkan segala potensi yang ada untuk memberikan pertolongan dan penyelamatan secara cepat dan tepat ke tempat peristiwa. Agar berhasil berdaya guna dalam usahanya, maka perlu dimantapkan organisasi dan manajemen serta ketrampilan personil maupun sarana dan prasarana yang memadai.

Mengingat hal-hal tersebut maka selain Alat Pemadam Api Ringan (APAR) yang dapat dibawa, instalasi pemadam api seperti Detector Alarm System sangat mutlak diperlukan untuk sebagai tanda peringatan pertama terjadinya kebakaran. Selain peralatan, dukungan personil yang terlatih dan terampil dengan dukungan sarana keamanan yang cukup untuk mencapai tujuan pencegahan dan penanggulangan yang akurat dan ditunjang dengan organisasi dalam suatu sistem manajemen yang baik.

5. Alat Termometer Digital

Prinsip kerja alat pengukur suhu ini, sensor suhu difungsikan untuk mengubah besaran suhu menjadi tegangan, dengan kata lain panas yang ditangkap oleh LM35 sebagai sensor suhu akan diubah menjadi tegangan. Sedangkan proses berubahnya panas menjadi tegangan, di dalam LM35 ini terdapat termistor, yang mana termistor inilah yang menangkap adanya perubahan panas. Termistor tersebut berjenis PTC (Positive Temperature Coefisient). Prinsip kerja dari PTC ini adalah resistansinya akan meningkat seiring dengan meningkatnya temperatur. Resistansi yang semakin besar menyebabkan tegangan output yang dihasilkan semakin besar.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kota Yogyakarta

Kota Yogyakarta   adalah salah satu   kota   besar di   Pulau Jawa   yang merupakan ibukota dan pusat pemerintahan   Daerah Istimewa Yogyakarta , dan sekaligus tempat kedudukan bagi   Sultan Yogyakarta   dan   Adipati Pakualam . Salah satu kecamatan di Yogyakarta, yaitu   Kotagede   pernah menjadi pusat   Kesultanan Mataram   antara   1575 - 1640 . Keraton (Istana) yang masih berfungsi dalam arti yang sesungguhnya adalah Karaton Ngayogyakarta dan Puro Pakualaman, yang merupakan pecahan dari   Mataram . Moto : Mangayu Hyuning Bawana Cita-cita untuk menyempurnakan masyarakat Slogan : Berhati Nyaman (Bersih, Sehat, Asri dan Nyaman)(umum) Never Ending Asia (pariwisata) Etimologi Nama Yogyakarta terambil dari dua kata, yaitu   Ayogya   yang berarti "kedamaian" (atau tanpa perang,   a   "tidak",   yogya   merujuk pada   yodya   atau   yudha , yang berarti "perang"), dan   Karta   yang berarti "baik". Tapak   keraton   Yogyakarta

Cerita Rakyat → (Bali)

MANIK ANGKERAN   A long time ago, lived a rich man named Begawan Sidi Mantra. He was very famous for his kindness and also for his supernatural power. He had a son named Manik Angkeran who liked to gamble. Because of Manik Angkeran’s bad habit, his father soon bankrupt. Begawan Sidi Mantra had spent all of his money to pay his son‘s debts. But, Manik Angkeran still liked to gamble and he still owed some people a lot of money. Begawan Sidi Mantra wanted to help his son to pay the remaining debts. He meditated for days, and finally he got a clue from the gods to go to Agung Mountain. He went to the mountain. There, he met with a dragon named Naga Besukih. It is said that Naga Besukih could provide gold and jewelries to those who could say a certain prayer and ring the sacred bell. Fortunately, Begawan Sidi Mantra had the bell, and he also knew the prayer from his meditation. “My name is Sidi Mantra. I have a problem. My son likes to gamble. I’ve spent all of my money to p

Alat Transportasi Udara

Sejarah Pesawat Terbang Pesawat terbang   adalah   pesawat udara   yang lebih   berat   dari   udara , bersayap tetap , dan dapat terbang dengan tenaga sendiri [1] . Secara umum istilah pesawat terbang sering juga disebut dengan   pesawat udara   atau   kapal terbang  atau cukup   pesawat  dengan tujuan pendefenisian yang sama sebagai   kendaraan   yang mampu   terbang   di   atmosfer   atau udara. Namun dalam dunia   penerbangan , istilah pesawat terbang berbeda dengan   pesawat udara , istilah   pesawat udara   jauh lebih luas pengertiannya karena telah mencakup pesawat terbang dan   helikopter . Wright Bersaudara   yang terdiri dari dua orang adik beradik,   Orville Wright   ( 19 Agustus 1871   -   30 Januari   1948 ) dan   Wilbur Wright   ( 16 April   1867   -   30 Mei   1912 ), secara umum dihargai atas   desain   dan perancangan   pesawat terbang   efektif pertama, dan membuat penerbangan terkendali pertama menggunakan pesawat terbang ber mesin   yang lebih berat dari